Dec 19, 2008

e-goverment versi kelurahan

Penerapan aplikasi layanan publik di satu kelurahan ternyata cukup murah. Aplikasi ini dipercaya mempercepat kinerja birokrasi dan pengawasan intensif langsung dari atasan. Percepatan kinerja didapati melalui sistem realtime yang ada. Saat SMS pengaduan atau pelaporan masuk ke sistem, pada saat yang bersamaan sms tersebut juga disampaikan langsung ke lurah, dan pejabat terkait lainnya yang memiliki akses penerimaan. Namun, piranti lunak yang di miliki tidak akan dapat beroperasi dengan semestinya jika tidak didukung oleh perangkat teknologi lainnya. Bisa saja pakai komputer tapi jadinya tidak efisiensi dan tidak mobile. Makanya diputuskan untuk pakai telepon seluler.


Telekomunikasi seluler sangat efektif dan realtime karena langsung tertuju pada si pemilik ponsel, dalam artian lurah dan pejabat terkait lainnya. Wajar jika mereka kemudian menggandeng salah satu operator terbesar di Indonesia dengan kemampuan jaringan yang menurut mereka dapat diandalkan.

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menggunakan produk dasar kartu prabayar Jempol yang dikemas sesuai dengan kebutuhan komunitas sehingga masing-masing kelurahan akan memiliki konten yang berbeda sesuai dengan inisiatif pejabat setempat atau lurah.

Contohnya di Kelurahan Pisangan Timur PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) punya beberapa konten pengaduan dan laporan, seperti demam berdarah, narkoba, banjir, kerja bakti, posyandu, flu burung, lingkungan, dan lainnya sesuai dengan permintaan pihak kelurahan, Untuk pengiriman informasi, pengirim dikenakan tarif sms standar.

Nantinya proyek ini tidak akan berhenti sampai di sini saja, diharapkan dapat dikembangkan disemua kelurahan terutama jakarta, meskipun semua warga dapat mengirimkan sms pelaporan tapi hanya 10 pejabat di masing-masing RW yang memiliki akses pengiriman sms pengaduan langsung ke kelurahan.

No comments:

Post a Comment

assalamualaikum wr.wb