Penerapan aplikasi layanan publik di satu kelurahan ternyata cukup murah. Aplikasi ini dipercaya mempercepat kinerja birokrasi dan pengawasan intensif langsung dari atasan. Percepatan kinerja didapati melalui sistem realtime yang ada. Saat SMS pengaduan atau pelaporan masuk ke sistem, pada saat yang bersamaan sms tersebut juga disampaikan langsung ke lurah, dan pejabat terkait lainnya yang memiliki akses penerimaan. Namun, piranti lunak yang di miliki tidak akan dapat beroperasi dengan semestinya jika tidak didukung oleh perangkat teknologi lainnya. Bisa saja pakai komputer tapi jadinya tidak efisiensi dan tidak mobile. Makanya diputuskan untuk pakai telepon seluler.
Telekomunikasi seluler sangat efektif dan realtime karena langsung tertuju pada si pemilik ponsel, dalam artian lurah dan pejabat terkait lainnya. Wajar jika mereka kemudian menggandeng salah satu operator terbesar di Indonesia dengan kemampuan jaringan yang menurut mereka dapat diandalkan.
No comments:
Post a Comment
assalamualaikum wr.wb